Download Linux Edubuntu 14.04.1


Edubuntu merupakan salah satu distro Linux yaitu sebuah sistem operasi linux dan program-program lainnya. Distro berisi antara lain karnel atau inti sistem operasi Linux, program berbasis teks atau CLI (command line interface), dan program berbasis grafis X-Window atau GIU (graphical user interface). Perbedaan utama distro satu dengan distro yang lain adalah cara kerja program untuk instalasi, atau menjalankan Linux di komputer.
Edubuntu merupakan varian distro Ubuntu yang dibuat khusus untuk pendidikan. Jika Ubuntu kita sebut distro untuk kebutuhan umum, maka Edubuntu adalah distro untuk memenuhi kebutuhan pendidikan komputer bagi anak-anak, mulai dari TK hingga SMA dan perguruan tinggi, serta untuk prndidikan nonformal. Edubuntu juga cocok bagi mahasiswa atau orang dewasa yang ingin mrnggunakan Linux untuk mempelajari beberapa hal, termasuk mempelajari Linux itu sendiri.
Kelebihan Linux Edubuntu
Beberapa kelebihan distro Edubuntu antara lain sebagai berikut:
• Dibanding distro Linux lainnya, cara instalasi distro Edubuntu relatif lebih mudah karena terdapat pilihan bahasa yaitu bahasa indonesia, yang dapat membimbing kita tahap demi tahap dalam penginstalan.
• Sama seperti varian distro Ubuntu lainnya, distro Edubuntu hanya berbentuk sebuah CD dan antara distro Ubuntu, Edubuntu dan Kubuntu bisa saling melengkapi. Misalnya jika kita sudah menginstal Edubuntu di komputer, maka kita dapat menambah program – program berbasis KDE yang ada di Kubuntu dan sebaliknya.
• Disamping itu semua, apabila kita bandingkan dengan Windows, keamanan pada Sistem operasi Linux lebih unggul. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien.
• Linux pada umumnya juga mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer – komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus.Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.
Kekurangan Edubuntu
Seperti halnya semua sistem operasi, Linux umumnya dan distro Edubuntu khususnya memiliki beberapa kekurangan, antara lain:
• Butuh pembiasaan pada user untuk dapat menggunakan Edubuntu apabila user masih lebih terbiasa dengan windows.
• Bila dibandingkan Windows, Proses instalasi software / aplikasi tidak semudah di Windows. Begitu juga dalam menginstal Hardware lainnya. Dan pada peroses instalasi akan lebih baik jika komputer yang digunakan terkoneksi dengan internet.
• Terdapat beberapa aplikasi pada Edubuntu masih butuh penyempurnaan untuk dapat digunakan dengan baik, yaitu antara lain aplikasi – aplikasi multimedia. Butuh penyempurnaan untuk dapat membuka file bertipe mpeg dan sebagainya.
• Begitu Edubuntu diinstal, belum dapat langsung bisa membaca atau membuka file harddisk yang menggunakan sistem file NTFS, hal itu dikarenakan sistem pemberkasan file pada Linux dan Windows berbeda. Dimana Edubuntu menggunakan sistem berkas berjurnal ext3. Untuk dapat mensikapi hal tersebut, menurut informasi dari rekan – rekan yang pernah menggunakan Sistem Operasi Linux terdapat teknik atau cara – cara tertentu agar Linux dapat membaca sistem file NTFS, namun hingga tulisan ini dibuat, penulis belum mengetahui cara tersebut.


 
Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Komentar ya.....!!!!

0 Response to "Download Linux Edubuntu 14.04.1"

Post a Comment

Dilarang Promosi
Dilarang Komentar yang mengandung link aktif, sara, porno
Komentar sesuai dengan post
Komentar yang relevan
Jika Out Of Topic (OOT) sudah saya kasih tempat sendiri

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel