Tutorial Pengeditan Video untuk Pemula

Pengeditan video merupakan bagian integral dari proses pengembangan konten. Sayangnya, banyak orang bergumul dengannya. Fotografer terbiasa bekerja dengan gambar tunggal dalam program seperti Photoshop, Lightroom, dan lainnya. Antarmuka pengeditan video mungkin menakutkan ketika seorang fotografer menggunakannya untuk pertama kalinya. 

Namun, jika Anda menggali sedikit, Anda akan menemukan bahwa konsep inti pengeditan tidak serumit kelihatannya. Ketika datang ke antarmuka pengguna, alat pengeditan video sebanding dengan alat fotografi. Jika Anda menguasai satu, Anda akan dapat menguasai yang lain dalam waktu singkat.

Seperti alat fotografi,pengeditan video aplikasi berlapis-lapis. Anda tidak harus langsung masuk dan mewarnai film jika Anda seorang pemula. Anda dapat menyusun video pendek yang menarik dan memikat dengan beberapa jam persiapan. 

Apa itu pengeditan video non-linear?

non-linear Editor video adalah alat yang membantu Anda membuat video. Disebut demikian karena video tersebut tidak dibuat dari cerita aslinya. Juga, ini tidak merusak, yang berarti Anda dapat memotong dan mengubah video sebanyak yang Anda suka tanpa kehilangan kualitas gambar. 

Ini berbeda dari pengeditan linier tradisional, di mana materi sumber difilmkan, dan pengeditan membutuhkan pemotongan dan penyambungan kembali materi asli. Jadi, apa sebenarnya alat pengeditan non-linear yang digunakan oleh pemula?

  Fitur seperti efek gerakan lambat, penghilangan objek, emoji, dan lainnya diaktifkan di sebagian besar editor non-linear dengan opsi berlangganan. Namun, kebanyakan dari mereka datang dengan berlangganan satu kali.

  Mereka terus diperbarui, memberi pengguna akses ke versi terbaru. Keduanya mudah digunakan dan cukup efektif.

      Mereka dirancang untuk berjalan di sistem operasi Windows atau sistem Operasi Mac. Anda bahkan dapat menemukan beberapa yang beroperasi pada OS yang berbeda.


Memeriksa antarmuka pengguna

Sebagian besar editor non-linear memiliki antarmuka pengguna yang serupa. Mari kita periksa fitur-fitur penting untuk pemula. Garis waktu, browser, dan penampil adalah 3 komponen utama dari antarmuka ini.

Peramban ini mirip dengan modul perpustakaan Lightroom. Anda akan menemukan semua media yang Anda butuhkan untuk membuat video Anda di sini. Ini dapat mencakup gambar diam, soundtrack, serta grafik, selain segmen video.

Garis waktu adalah ruang pada antarmuka tempat seluruh video diatur. Ini dapat berisi beberapa lapisan konten, menampilkan audio, video, dan overlay grafis/teks (seperti Photoshop). Dua trek audio (trek suara instrumental dan suara latar belakang untuk aplikasi audio), dan trek video, sebagian besar digunakan dalam lapisan ini. Trek video terdiri dari segmen video utama, ditambah lagu judul terpisah.

Penampil adalah layar pratinjau utama. Jika Anda beroperasi pada garis waktu, pemirsa akan menampilkan dengan tepat di mana Anda bekerja dalam video. Garis vertikal adalah scrubber bar. Menggosok, yang berarti menggerakkan bilah ke depan atau ke belakang, menyebabkan klip mengalir di penampil. Arah scrub Anda menentukan ke arah mana video diputar. Ini menentukan kecepatan video juga. Ini biasanya disertai dengan audio. 

Memindahkan scrubber melintasi bagian video atau audio di dalam browser akan menyebabkan bagian itu diputar di dalam penampil. Kebanyakan NLE (Non-Linear Editors) memungkinkan tampilan penampil ganda - satu menampilkan kronologi video, sementara yang lain menampilkan klip apapun yang Anda ambil di dalam browser.

Di banyak pengeditan sistem, akan ada panel Finder/Explorer di samping browser. Ini akan menampung berbagai proyek, folder, dan perpustakaan yang akan membantu Anda mengatur pekerjaan Anda. Anda dapat menemukan ribuan potongan berbeda dalam video panjang berlapis-lapis. Mengatur klip ke dalam folder dan menambahkan subtitle ke dalamnya adalah cara brilian untuk menjaga pekerjaan Anda tetap teratur.

Sekarang, bagaimana kita membuat video sederhana?

Membuat video

Anda hanya perlu menyeret konten visual dari browser ke timeline untuk membuat video. Karena potongan video yang dipilih akan berisi audio, Anda akan mendapatkan dua trek: satu untuk video dan satu lagi untuk audio.

Ada beberapa masalah dengan metode ini. Sebagai permulaan, potongan video akan terlalu pendek atau terlalu panjang. Mungkin juga ada beberapa gerakan kamera di awal dan akhir rekaman. Kedua, audio mungkin akan berkualitas rendah.

Untuk memperbaikinya, Anda dapat memotong semua klip dengan panjang yang tepat. Anda dapat dengan mudah melakukan ini di dalam browser dan juga di timeline. Anda dapat menentukan titik 'Masuk' dan 'Keluar' di dalam browser. Anda dapat melakukannya dengan mengubah posisi scrub bar ke posisi awal klip dan mengklik tombol. Setelah mengubah posisi scrub bar ke titik akhir, ketuk O. Setiap kali garis waktu menerima klip, poin akan ditambahkan ke bagian antara 'Masuk' dan 'Keluar'.

Ada dua cara untuk memodifikasi klip di timeline. Untuk membuat klip lebih pendek atau lebih panjang, Anda dapat menyeret awal atau akhir klip. Anda juga dapat memanfaatkan fitur pisau, yang dapat diakses dengan menekan tombol B, yang mengubah kursor menjadi simbol silet. Ketika Anda menempatkan simbol ini pada klip di mana Anda ingin memotongnya, tekan tombol kiri mouse, tekan tombol A untuk kembali ke layar sebelumnya, pilih bagian klip yang ingin Anda hapus, dan klik 'hapus' .

Sementara bagian klip yang diperlukan diedit dalam kasus ini, sisa klip akan muncul di garis waktu untuk mengisi celah. Ini dikenal sebagai garis waktu magnetik.

Kesimpulan: Menyimpan Video Anda Sekarang 

mari kita lihat bagaimana mengekspor video Anda sebelum menyelesaikan semuanya. Sebagai pemula, video Anda kemungkinan besar akan dilihat di media sosial melalui smartphone atau tablet.

NLE Anda kemungkinan memiliki banyak sekali opsi keluaran. Cari satu yang dapat disesuaikan dengan lokasi spesifik Anda. Banyak NLE akan memungkinkan Anda mempublikasikan langsung ke YouTube, dan beberapa bahkan mungkin memiliki opsi untuk ukuran layar yang tepat, seperti yang ditemukan di Apple iPad, tablet Android, atau perangkat serupa.

Dalam semua kasus lain, konfigurasi apa pun yang menggunakan codec h.264 (standar kompresi video terkenal untuk video digital definisi tinggi) akan berfungsi. Ini juga disebut "Pengkodean Video Tingkat Lanjut."

Proses yang disebutkan di atas adalah panduan untuk membantu Anda memahami pengeditan video. Ini baru permulaan, dan setelah Anda mempelajari cara mengubah eksposur dan warna video, Anda akan segera dapat menggunakan video untuk menceritakan kisah-kisah hebat.


0 Response to "Tutorial Pengeditan Video untuk Pemula"

Post a Comment

Dilarang Promosi
Dilarang Komentar yang mengandung link aktif, sara, porno
Komentar sesuai dengan post
Komentar yang relevan
Jika Out Of Topic (OOT) sudah saya kasih tempat sendiri

Jika Ingin Memasukan Kode Script (CSS, HTML, JavaScript) Silahkan Gunakan Kode Dibawah ini :

1. Untuk Menyisipkan Kode Panjang Gunakan <i rel="pre">Kode Disini</i>
2. Untuk Menyisipkan Kode Pendek Gunakan <i rel="code">Kode Disini</i>
3. Untuk Menyisipkan Quote Gunakan <b rel="quote">Catatan Anda</b>
4. Untuk Menyisipkan Gambar Gunakan <i rel="image">URL Gambar</i>
5. Untuk Menyisipkan Video Gunakan <i rel="youtube">URL Video Youtube</i>

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel